Langkah model pembelajaran tersebut sebagai berikut.
1) Pemanasan, dalam kegiatan ini guru
menyampaikan permasalahan yang berkaitan dengan pengalamansiswa, sehingga siswa
dapat merasakan dan mengeksplorasi permasalahan tersebut secara akurat
berdasarkan pengalaman atau imaginasinya. Permasalahan dapat disajikan melalui
bacaan, cerita lisan, pertanyaan, atau film.
2) Menentukan peran masing-masing anggota
kelompok, dalam kegiatan ini, siswa dan guru berdiskusi untuk menjelaskan
berbagai karakter dengan apa yang disukainya atau tidak disukainya,
perasaannya, dan sebagainya. Selanjutnya menentukan sukarelawan untuk berperan
dalam masingmasing karakter tersebut.
3) Menentukan langkah pemecahan masalah:
• Masing-masing
siswa menentukan langkah kegiatan yang akan dilaksanakannya, dapat dibantu oleh
guru melalui pertanyaan misalnya, tentang apa yang diobservasi, di mana, dan
bagaimana caranya.
• Mempersiapkan
peran yang akan dilaksanakan melibatkan antara lain karakter, kesukaan atau
kebiasaan, cara berfikir, dan cara kerja yang diperankannya. Langkah ini
merupakan langkah yang sangat penting, karena akan menentukan keberhasilan
keseluruhan pembelajaran.
4) Pelaksanaan masing-masing tugas anggota
sesuai dengan tugas atau peran yang sudah direncanakan. Perlu ditegaskan bahwa
kegiatan ini bukan hanya sekedar bermain drama, tapi lebih memberikan
pengalaman dan pemahaman kepada siswa bagaimana seseorang memiliki peran dan
tanggungjawabnya. Selain itu siswa diharapkan memiliki ide-ide baru yang dapat
meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya sebagai hasil perwujudan
pencapaian kompetensinya.
5) Diskusi dan evaluasi hasil observasi dan
tugas yang berkaitan dengan ketepatan tugas yang diberikan, waktu, atau tempat
obervasi yang bersifat umum yang melibatkan pemain maupun observer. kegiatan
ini bukan mendiskusikan perannya tepat atau tidak, tapi menekankan pada hal-hal
yang sangat penting berkaitan dengan kompetensi yang harus dicapai, misalnya:
sikap terbuka, materi pelajaran sesuai, dan cara kerja yang tepat.
6) Langkah berikutnya adalah sharing pendapat
antarsiswa, siswa dengan guru yang mendiskusikan hasil dari langkah sebelumnya,
sehingga memungkinkan ada penggantian peran. Hasil dari langkah ini adalah
fokus perbaikan dalam pelaksanaan, sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang
lebih baik.
7) Diskusi dan evaluasi seperti bagian No. 5.
8) Sharing pengalaman dan generalisasi. Peran
guru dalam kegiatan ini adalah membimbing siswa untuk menemukan berbagai
alternatif solusi pemecahan masalah dari permasalahan yang serupa, sehingga
siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan dalam
kehidupannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar